Jumat, 03 Januari 2014

Menurunkan Berat Badan

Naah,, lo semua pasti kaget kan kalo denger kalimat ini.pasti kalian semua mikir  ini bo’ongan .Kali ini gue akan nulis salah satu tips atau cara untuk menurunkan berat badan.Apa yang gue tulis kali ini mungkin kalian semua sulit untuk percaya.Ini gue tulis karna gue sering ngebaca tentang tips-tips kesehatan baik di majalah kesehatan maupun di sosmed.alasan gue nulis ini karna gue banget-banget tertariknya sama tips ini.selain gak ribet juga bisa ngebantu untuk meningkatkan kesehatan yang lainnya.Mudah-mudahan bisa ngebantu lo pada yaa :D , untuk ngecek  bener atau gak nya let’s  read my blog .



Yap,, kalian bisa nurunin berat badan saat kalian tidur ,eiits,, tapi tidur dengan pulas yaa . percaya atau  gak nya semuanya terserah kalian yang ngebaca :D




                                                                     gue

Para ahli di bidang kedokteran sejak jaman dahulu percaya bahwa beberapa hormon mulai bekerja saat kalian tidur (ingat tidur pulas). Dua diantaranya adalah leptin dan ghrelin. Kedua hormon ini bertanggung jawab dalam membangkitkan selera makan. Pernah gak kalian ngerasa kehilangan nafsu makan setelah malam sebelumnya kalian begadang ? Kedua hormon inilah yang menjadi biang keroknya.*wow
Ghrelin merangsang selera makan makanya kita selalu ngerasa lapar setiap saat -_- , sementara leptin bertugas mengirimkan sinyal ke otak saat perut kita kenyang. Jadi, satunya membuat kita merasa lapar sementara yang lainnya membuat kita merasa kenyang.



Trus bagaimana hubungan kedua hormon ini ? Kekurangan tidur akan menurunkan kadar leptin sehingga membuat kita (aku dan kalian semua) tidak merasa kenyang meskipun kita sudah cukup makan. Tidur yang tidak cukup juga akan menyebabkan kadar ghrelin meningkat sehingga selera makan dirangsang, hal ini akan menyebabkan kita selalu merasa lapar dan keadaan ini sudah tentu tidak bagus untuk program penurunan berat badan. Kesimpulannya, bila kita kekurangan tidur maka secara tidak langsung berat badan akan meningkat.



Beberapa penelitian menunjukan hasil yang sama yaitu pada orang yang tidak tidur dengan semestinya, kadar leptinnya akan menurun sementara kadar ghrelin akan meningkat. Selera makan orang ini meningkat secara signifikan. Minatnya terhadap karbohidrat dan makanan yang berkalori tinggi juga meningkat hampir 45%.



Jadi, bila saat ini kalian sedang menjalani program penurunan berat badan, selain mengatur konsumsi diet dan olah raga, kalian juga harus cukup tidur. Delapan sampai sembilan jam sehari sudah cukup kok.



Tidur tidak hanya mengembalikan kondisi tubuh tetapi juga membantu menurunkan berat badan, pembentukan otot, perbaikan jaringan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.



Kalo kalian udah bosan baca tulisan gue ini, silakan tidur…..zzzzzzzzzzzzzzzzzzz :D

Tidak ada komentar: